Membuat Voucher Internet Sendiri [dengan coreldraw]

kita belajar bersama lagi, kali ini kita belajar membuat disain voucher internet sendiri.
semoga bermanfaat, terutam abagi yang punya usaha penyedia jasa layanan internet dirumah.
mari disimak tutorialnya, kali ini disain voucher ter “ilhami” oleh disain-disain kartu perdana telphone seluler, meski gak sama persis.. hehehe

berikut langkah-langkahnya;

1. kita tentukan ukuran dan warna dasar yang akan kita buat disain voucher.
kita gunakan rectangle tool untuk membuat warna dasar yang berbentuk persegi, lalu kita kasih warna sesuai dg keinginan

warna dasar

2. tambahkan nama unit usaha yang agan punya

kita gunakan nama Agan.net sebagai nama unit usaha, ketik dengan text tool kemuidan sesuaikan text dan ukuran.
pindah text yang telah ada menggunankan pick tool dan letakkan di pojok kiri atas persegi yang telah kita buat

nama usaha

agar lebih menarik, kita tambahkan efect fountin fill pada text deng cara select text dan tekan F11
efect fountain fill

rubah warna sesuai dg keinginan melaluai area colour blend yang ada

kita tambahkan efect drop sadow untuk membuat bayangan pada text, setelah kita klik di interactive drop shadow tool, klik pada bagian awal text dan tarik menuju bagian akhir text.

drop sadow

kita atur bayangan dengan shadow properties yang ada, rubah menjadi add dan colour shadow menjadi kuning

shadow colour
3. biar tambah menarik kita tambahkan logo dan selogan, atau moto usaha agan

logo dan moto
4. tambahkan username dan password unutk login

kita tambahkan space untuk username dan pasword dengan cara menggunakan rectangle tool (F6) dan kita atur corner rectangle menjadi 35 atau sesuai dengan selera agan

tambah user n password
5. tambahkan quota voucher,agar lebih mirip kita buat bentuk seperti yang umum ada di kemasan kartu perdana… hehehe

kita bikin lingkaran dengan ellipse tool (F7) dan letakkan sesuai dengan selera agan

durasi 1

agar tepian lingkaran menjadi bergerigi, kita gunakan interactive distortion tools, klik pada tengah lingkaran dan tarik ke arah luar lingkaran sebelumnya kita pilih zipper distortion

durasi 2

tambahkan durasi voucher di lingkaran yang telah dibuat

durasi 3
6. tambahkan masa aktif voucher

buat persegi dengan retcangle tooll dan rubah corner menjadi 100, copy paste persegi tersebut, kemudian paste ditempat, rekayasa ukuran dan tata letak serta warna persegi sehingga tampak seperti  berikut

masa aktif 1

tambahkan text di persegi yang telah kita buat

masa aktif 2
7. tambahkan alamat dan contact person usaha agan, sebagi promosi….hehehe

buat persegi, kemudain modifikasi menjadi bentuk yang di inginkan menggunakan shape tool (F10) kemudian convert to cruve atau tekan Ctrl+Q sehingga menjadi seperti berikut

alamat1

tambahkan text pada persegei tersebut, rubah bentuk text menggunakan interactive envilope tool

alamat 2

rubah bentuk text mengikuti bentuk persegi

alamat 3

ulangi langkah tersebut untuk membuat contac person

alamat 4

susun alamat dan contac person yang telah agan bikin menjadi seperti di atas.
hasil sementara setelah di susun:

hasil sementara

karena masih banyak space yang kosong dan menurut saya kurang enak dilihat maka kita coba tambahkan variasi, dengan menambah kan lingkan dan kita susun sehingga menjadi seperti berikut:

hasil akhir

udah selesai tuh disain vouchernya, keren… :D

untuk menyimpan menjadi file JPG maka pilih semua gambar dengan menekan Ctrl+A atau blok semua gambar kemudian lakukan export dengan cara klik file>export atau tekan Ctrl+E.
ini hasilnya setelah di lakukan eksport:

Vocer

SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES…. :D

About these ads

Posted on February 16, 2013, in corel draw, tutorial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: